Madrasah Diniyah

MUQODDIMAH

Seiring dengan progam pemerintah daerah, Departemen Agama Kabupaten Bandung melalui  Bidang Kepesantrenan, dengan Misi, Visi, dan Setrateginya  telah mencanangkan  untuk menjadikan Bandung sebagai kota santri yang bernuangsa religius, kompetitif, berwawasan global, pemerataan pendidikan non formal. Visi dan Misi tersebut dapat terealisasikan  dengan mengupayakan pola pengembangan pendidikan yang berbasis masyarakat dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan non formal.

Dalam rangka membantu program pemerintah yang berupa perwujudan IMAN DAN TAQWA, MASYARAKAT RELIGIUS, maka Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Jannah berkeinginan turut serta membantu program pemerintah pada umumnya dengan mendirikan Madrasah Diniyah Al-Ihsan Baleendah yang merupakan pendidikan non formal yang bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini dengan membentuk kepribadian generasi muda yang beriman dan bertaqwa serta mandiri sehingga dapat berguna bagi nusa , bangsa dan agama di masa yang akan datang nanti.

Di samping itu,  pendidikan non formal merupakan kebutuhan setiap insan sepanjang hayat ( Life Long Education), sebagaimana sabda Rasulullah:

ا طلـب العـلم من المهــد إ لي ا للحــد

Serta firman Allah SWT. dalam surat At-Taubah : 122

وما كان ا لمؤمنـون ليـنـفروا كا فة فـلـولآ نفر من كل فر قة منهم لـيـتـفـقهـوا في الد يـن ولـينذ روا قـومـهـم إذا رجعوا إليـهم لـعلـهم يحذ رون

Artinya : “ Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mu’min itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya".

MAKSUD DAN TUJUAN

Keberadaan lembaga pendidikan non formal Madrasah Diniyah Al-Ihsan Baleendah tersebut mempunyai maksud dan tujuan agar para ahli akademisi serta masyarakat dapat berperan aktif dalam mensukseskan program pemerintah di sektor pendidikan agama Islam,. Hal ini sesuai  dengan strategi Departemen Agama Kabupaten Bandung yang bertujuan mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas.

NAMA DAN LOKASI

Madrasah Diniyah Al-Ihsan Baleendah berlokasi di Jalan Adipati Agung No.40 Kelurahan Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.

SISTEM PENDIDIKAN DAN KURIKULUM

Pendidikan Madrasah Diniyah Al-Ihsan Baleendah yang diselenggarakan bersifat umum dan mengacu kepada kurikulum diniyah yang ditetapkan oleh Departemen Agama Islam Bagian Kepesantrenan dengan mengutamakan program pengajaran:

  1. Keagamaan ( Islam )
  2. Pembinaan Disiplin
  3. Pembentukan Jiwa / Moral yang berlandaskan Qur’an dan Hadits
  4. Kemampuan wawasan keilmuan

STRUKTUR ORGANISASI

Penyelenggaraan lembaga pendidikan ( Madrasah Diniyah Al-Ihsan Baleendah ) berada di bawah naungan penyelenggara pendidikan yayasan Miftahul Jannah, dengan Struktur Kepengurusan Madrasah sebagai berikut :

Ketua Umum Yayasan       : KH. U. Muhammad, HM.
Pembina                               : Drs. H. Mahrus As’ad, M. Ag.
                                                : H. Uwes Qornie, SS. M.Pd.
Kepala Sekolah                   : Inayatillah, S. Pd.
Guru                                       : Dewi Dewayani, A.Ma.
                                                : Nurhayati, A.Ma.
                                                : Imas Maesarah, S.Pd.I.

Tenaga Administrasi          : Ratih, Amd.
Penjaga Sekolah                 : Mang Anan

SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan prasarana penunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang di miliki oleh Madrasah Diniyah Al-Ihsan Baleendah terdiri dari, Bangunan Sekolah, Sarana Bermain, Sarana dan Prasarana pendidikan yang sesuai dengan pola kurikulum standar kompetensi. Secara rinci di bawah ini diuraikan sarana dan prasarana sebagai berikut :

4. Bangunan / Gedung Sekolah dengan sarana

  1. Ruang belajar sebanyak 3 ruangan
  2. Ruang Kepala Sekolah 1 ruangan
  3. Kamar Mandi 2 buah
  4. Halaman bermain
  5. Ruang tunggu untuk orang tua murid
  6. Dapur 1 ruangan

5. Fasilitas Alat Peraga dan Alat Bermain

  1. Mainan di luar
  2. Ayunan
  3. Papan Luncur
  4. Jungkitan
  5. Lorong
  6.  Sudut Agama
  7. Sudut Kebudayaan
  8. Sudut Keluarga Lengkap
  9. Sudut Pembangunan Lengkap
  10. Sudut alam sekitar lengkap